Kiat Sukses Membangun Kepercayaan Diri

Faktor yang membedakan antara orang sukses dengan yang gagal adalah terletak pada rasa percaya dirinya. Hal ini menyebabkan banyak penelitian dari para ahli mengenai cara-cara untuk membangkitkan rasa percaya diri seseorang.

Sukses adalah hak semua orang, tetapi tidak semuanya mengetahui dan mau melakukan  cara untuk meraihnya. Sebagian orang berpendapat bahwa sukses itu adalah milik orang-orang yang lulus dari universitas terbaik, orang yang memiliki IQ tinggi, tinggal di lingkungan elit.

Pendapat ini memang tidak sepenuhnya salah, tetapi mari kita lihat kenyataanya bahwa banyak juga orang-orang yang sukses dengan latar belakang pendidikan yang tidak begitu tinggi.

Artinya universitas terbaik, IQ tinggi, lingkungan elit hanya sebagian dari penunjang kesuksesan.

Sebenarnya ada faktor  lain yang bahkan lebih penting, yang menentukan kesuksesan seseorang, yaitu semangat, kerja keras, hasrat, antusias, ketekunan dan kebulatan tekad seumur hidupnya.

Para ahli berpendapat bahwa untuk mencapai sukses, dibutuhkan kematangan pribadi seseorang.

Karena kematangan pribadi ini menyebabkan seseorang memiliki sikap optimis dan keyakinan bahwa segala yang dicita-citaknnya pasti akan berhasil.

Namun dilain pihak, untuk meraih kesuksesan itu sendiri tidaklah mudah. Akan banyak rintangan yang akan dihadapi.

Sebagian dari mereka tetap tegar untuk menghadapinya, namun tidak sedikit juga yang mengalami patah semangat kemudian menyerah tidak sanggup menghadapi tantangan di depannya.

Pada situasi seperti inilah, dibutuhkan rasa percaya diri.

Dengan percaya diri yang tinggi merupakan faktor yang membedakan antara orang-orang yang sukses dengan orang-orang yang gagal. Karena alasan inilah, banyak para ahli mengembangkan teknik-teknik untuk membangkitakn rasa percaya diri pada seseorang.

Berikut ini, beberapa tips untuk membangkitkan rasa percaya diri

1. Berani menerima tanggung jawab

Seseorang yang berani menerima tanggung jawab akan terdorong untuk selalu tampil sempurna, tanpa peduli pada hambatan apapun yang akan menghadapinya. Bila seseorang tidak berani menerima tanggung jawab akan cenderung melimpahkan kesalahan kepada orang lain.

2. Selalu mengembangkan nilai positif

Mengembangkan nilai positif terhadap diri sendiri  akan mempercepat pencapaian kepercayaan diri. Salah satu caranya adalah mengganti ungkapan-ungkapan yang bermakna negatif dengan ungkapan-ungkapan positif. Misalnya kata “gagal” diganti dengan “sukses yang tertunda”, kata ” tidak bisa” diganti dengan “harus bisa”.

3. Membaca potensi diri

Menggali, dan mengeksplorasi potensi yang mungkin masih terpendam dalam diri. Misalnya dengan mengikuti kursus, pelatihan, seminar, banyak membaca buku. Hal ini bisa menjadi inspirasi untuk mengekspresikan bakat-bakat yang masih terpendam yang tidak kita sadari.

4. Berani mengambil resiko

Segala sesuatu yang kita lakukan pasti akan menemui resiko. Jika kita takut akan resiko, kita tidak akan kemana-mana, tidak akan berbuat apa-apa, sehingga kita tidak akan pernah mencapai suatu posisi yang bernama kesuksesan.

Cobalah menerima tantangan, meski ada rasa takut di awal, jalani saja. Jika gagal, bangkitlah, kesuksesan mungkin saja tinggal beberapa langkah lagi. Orang gagal adalah orang yang tidak pernah mencoba.

Untuk menaiki anak tangga yang keseratus, kita harus menaikinya mulai dari anak tangga pertama. Tanpa melangkah pada anak tangga yang pertama, mustahil kita akan sampai pada anak tangga keseratus.

5. Dengarkan saran dari orang-orang sukses

Orang gagal selalu memiliki alasan, keluhan, dan seribu satu saran negatif, yang dapat membuat rasa percaya diri  kita jatuh.

Maka dengarkan saran dari orang sukses dengan cara bergaul dengan mereka. Orang sukses memiliki seribu satu saran yang dapat meningkatkan rasa percaya diri kita.

Mereka punya cerita sukses, cara pandang  positif, bersemangat, optimis,  serta inspirasi positif yang dapat menular kepada kita. Ya….sukses itu bisa menular, yang menular adalah semangatnya.

6. Tekunlah beribadah dan berdoa

Semoga kita selalu diberikan petunjuk-Nya. Semakin rajin ibadah kita, makin kuat doa kita, keyakinan kita akan pertolongan Tuhan, maka rasa percaya diri kita akan semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *